Tolak Pusing: Inilah Tips Jitu Kuliah Sambil Bekerja

Admin,
28 Februari 2022 - 4:4

Kebutuhan meningkat membuat jumlah mahasiswa kerap kali mengambil pekerjaan sampingan. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa pengambilan keputusan itu kerap membuat mahasiswa terjebak dalam kesibukan tak berujung. Apalagi ketika mereka sudah disajikan dengan tumpukan tugas kampus. Disisi lain pekerjaan sudah menunggu untuk segera terselesaikan. Poin pentingnya ialah bagaimana Anda menyeimbangkan antara kedua pilihan di atas. Mengingat pendidikan menjadi prioritas utama yang harus mendapat perhatian. Sebagai solusi berikut tips jitu untuk mengatasi kuliah sambil kerja:

Beritahukan pada atasan

Komunikasikan pada atasan mengenai rutinitas pendidikan yang masih Anda jalani. Ada baiknya, hal ini dibicarakan sejak awal pertama kali masuk atau-pun wawancara.

Buat list kegiatan

Tulis semua daftar kegiatan setiap hari. List inilah yang nantinya berguna dalam mengontrol diri agar tetap fokus dengan apa yang harusnya dilakukan. Misalnya saja, memilih waktu kosong saat ingin berkumpul bersama teman-teman.

Menolak ajakan hura-hura

Tips ketiga ini tidak bermaksut melarang Anda berkumpul bersama teman. Namun, dimaksutkan agar kegiatan refeshing dilakukan saat jam kosong. Jangan sampai gara-gara terlena Anda melupakan tugas kuliah maupun pekerjaan yang harus sudah terselesaikan.

Mengatur pola hidup sehat

Selain itu penting juga untuk mempertahankan pola hidup sehat. Sebab, tugas kampus membutuhkan pemikiran ekstra. Sedangkan fisik Anda juga lelah dengan kegiatan kerja. Jadi, pola hidup sehat menjadi kunci yang tak mampu ditawar. Misalnya saja, istirahat secara maksimal.

Nikmati akhir pekan

Weekand harus dihabiskan dengan kegiatan yang disukai. Maksimalkan hari libur sebaik mungkin. Mulai dari makan makanan yang disukai. Nonton film, ataupun berkumpul bersama teman dan membicarakan kabar artis kekinian.

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp